Suasana rumah sederhana di kampung yang bisa dijadikan inspirasi

Suasana Rumah Sederhana di Kampung yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Rumah sederhana di kampung memang jauh berbeda dengan di Kota. Hanya memiliki satu lantai saja. Bentuk bertingkat memang ada, hanya saja tidak semua menggunakan desain seperti ini. Ciri khas lainnya adalah halaman mereka sangat luas sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Ciri khas berikutnya, Anda tidak akan menemukan pagar besi atau kayu. Sebagai pembatas area depan hanya menggunakan dinding dengan tinggi tidak lebih dari 1 meter. Menariknya lagi, beberapa hunian tampak tidak memberikan cat pada dinding. Jadi, dibiarkan begitu saja terlihat batu bata.

Suasana rumah sederhana di kampung yang bisa dijadikan inspirasi 1

Bila memang menggunakan cat, mereka hanya memilih satu warna saja. Paling favorit adalah putih. Lahan untuk teras depan sebenarnya ada. Hanya saja, tidak dimanfaatkan sebagai tambahan furniture. Mereka lebih memilih dibiarkan terbuka begitu saja, area luas tersebut dimanfaatkan untuk menerima banyak tamu.

Dikelilingi Kebun yang Memiliki Banyak Tanaman

Suasana rumah sederhana di kampung yang bisa dijadikan inspirasi 2

Suasana rumah sederhana di kampung tidak akan lepas dari banyaknya kebun. Anda bisa melihat berbagai macam tanaman baik berupa sayuran, paling banyak adalah jenis terong dan daun pepaya. Berbagai macam bumbu rempah, paling banyak adalah cabai. Sampai jenis buah, ada jambu air hingga mangga.

Tanaman tersebut bervariasi, di tempat dalam pot sampai dibiarkan tumbuh hingga menjadi pohon tinggi. Tidak heran saat berada di rumah terutama siang hari udara terasa sangat sejuk walau di luar sangat panas. Cita rasa hasil kebun sendiri ini biasanya lebih segar dan enak daripada membeli.

Tampak pula kebun tersebut digunakan sebagai pagar depan rumah. Di buat lurus bersama batu kecil sebagai jalan masuk langsung ke pintu utama. Jenis tanaman yang digunakan juga beragam, ada American holly, pakis, Bunga soka jawa, sansivera hingga cemara kipas.

Dengan Menerapkan Nuansa Tradisional

Suasana rumah sederhana di kampung yang bisa dijadikan inspirasi 3

Jika ingin menjadikan Rumah sederhana di Kampung sebagai inspirasi. Anda bisa mencoba dengan desain nuansa tradisional. Hampir setiap wilayah mempunyai rumah adat khas masing-masing. Seperti, Jawa hingga Yogyakarta mempunyai bentuk Linmas hampir mirip Rumah Joglo dengan atap berbentuk trapesium.

Untuk kawasan lain tidak jauh berbeda. Terlihat di daerah Bekasi hingga Jakarta menggunakan adat suku betawi. Atau juga daerah Minangkabau dengan Rumah Gadang dan ciri khas utama pada atapnya. Bagi masyarakat Minang menyebutnya sebagai Bagonjong dengan bentuk panggung.

Memiliki Sebuah Pendopo Atau Gazebo

Suasana rumah sederhana di kampung yang bisa dijadikan inspirasi 4

Selain memiliki halaman luas, Rumah sederhana di Kampung memiliki pendopo atau gazebo. Kerukunan masyarakatnya memang terjaga sangat baik. Oleh karena itu, mereka sering mengadakan pertemuan rutin. Bukan hanya perkumpulan rutin setiap bulan, beberapa warga sering datang berkunjung.

Menempatkan gazebo atau pendopo memang tepat dengan begini, Anda bisa duduk santai bersama keluarga. Setelah, selesai berkebun bisa digunakan sebagai tempat istirahat, Bahkan, dapat pula digunakan sebagai area makan di luar. Penempatan gazebo juga menurunkan risiko seseorang untuk berbuat jahat.

Mereka tidak akan pernah masuk ke dalam griya Anda. Karena, penempatan ruangan biasanya tidak mempunyai sekat atau batas. Saat ada tamu mereka dapat melihat seluruh isi secara langsung. Beberapa rumah juga sudah menempatkan kolam ikan didekat pendopo hingga kandang hewan lain.

Terkesan Kuno dan Klasik

Suasana rumah sederhana di kampung yang bisa dijadikan inspirasi 5

Suasana Rumah sederhana di Kampung biasanya masih mempertahankan bentuk Aslinya. Tidak heran, beberapa masih tampak kuno. Arsitekturnya tampak bergaya kolonial dengan banyak jendela di berbagai sudut. Tetapi, ada pula yang masih mempertahankannya hanya saja dibuat lebih modern.

Jendela yang biasanya hanya menggunakan kayu, sehingga saat dibuka langsung terbuka. Sudah diganti menggunakan kaca, sehingga tampak estetis. Bila mendapati tangga, bagian tersebut masih tetap dipertahankan. Hanya saja, pegangannya lebih terkesan modern. Mungkin, penambahan ukiran kayu atau hanya bentuk pion saja.

Satu hal paling penting adalah tidak menggunakan AC sebagai pendingin udara. Mereka lebih memilih memperbanyak ventilasi udara. Pepohonan tinggi membuat suasana sejuk terasa karena, angin berhembus kencang setiap saat. Bahkan, beberapa hunian dekat sekali dengan area persawahan sehingga, hampir setiap menit udaranya selalu dingin.

Karena memiliki lahan yang luas, setiap ruangan tampak lebar dan leluasa. Tidak ada kursi, melainkan hanya karpet saja atau alas lain. Bahkan, beberapa dibiarkan hanya keramik saja. Siang hari, keramik Rumah sederhana di Kampung tersebut terasa dingin, jadi sangat nyaman untuk duduk sampai tidur.

Catatan: Suasana Rumah sederhana di Kampung bisa menjadi salah satu inspirasi terbaik dalam mendesain rumah impian seperti, dikelilini kebun hingga terkesan kuno.

About sf212

Check Also

Gambar 1

Desain dan Denah Rumah Minimalis Ukuran 6 x 12 m Dengan 3 Kamar Tidur Konsep Open Space

Rumah¬†minimalis ukuran 6 x 12 m merupakan termasuk ukuran yang kecil dan sempit namun anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published.